Tempat Wisata Alam di Padang yang Harus Kamu Coba Kunjungi - Indeks Media

Friday, January 25, 2019

Tempat Wisata Alam di Padang yang Harus Kamu Coba Kunjungi

Padang TIME.com Tanah Minang memang nggak cuma tentang wisata kulinernya yang lezat dan sangat terkenal itu, yaitu rendangnya. Nyatanya di Padang, Sumatera Barat juga tenar dengan bermacam tempat serta objek wisata alamnya yang tentu akan sangat disayangkan apabila dilewatkan begitu saja.

Nah, lantas apa saja tempat wisata yang harus kamu coba kunjungi kala bermain ke Padang? Berikut tempat-tempatnya.
1. Air Terjun Ambun Suri

Berada di Limau Manis Selatan, Pauh, Kota Padang, tempat ini masih sangat natural dan original. Untuk menuju ke air terjunnya, harus melewati bebatuan, bukit-bukit, lembah yang curam dan sungai. Genangan air sekitar air terjun nggak terlalu besar, jadi masih relatif aman untuk bermain, berenang atau mandi.
2. Batu Malin Kundang

Jika kamu menghabiskan liburan di Padang, jangan lupa mengunjungi Batu Malin Kundang. Kamu tentu tahu kisah legenda Malin Kundang, yaitu seorang anak yang nggak patuh terhadap ibunya, sehingga dia dikutuk menjadi batu.

Kamu bisa melihat Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis. Selain bisa melihat batu Malin Kundang, Pantai Air Manis juga merupakan salah satu destinasi yang bisa kamu kunjungi kala main ke Padang.
3. Danau Toba

Semua orang pernah dengar, mengetahui bahkan sudah ada yang pernah mengunjunginya. Berada di kaldera volcano super, memiliki sekitar 100 kilometer untuk panjangnya, lebar sekitar 30 kilometer dan sekitar 1.600 meter untuk kedalaman danaunya. Ya, danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan merupakan danau vulkanik yang terbesar di dunia.

4. Gunung Padang

Terletak di sebelah selatan muara Sungai Batang dan termasuk di Kabupaten Padang Selatan, Gunung Padang adalah sebuah bukit kecil yang memiliki ketinggian puncak sekitar 80 mdpl. Masyarakat Kota Padang menamakannya Gunung Padang karena bukit ini bisa dikatakan sebagai tempat tertinggi di sekitar pusat kota yang terkenal dengan rendangnya.

Gunung Padang menyimpan kombinasi legenda cinta, panorama indah dan sepotong sejarah selama pendudukan Jepang. Jika kamu tertarik ke gunung ini, kamu bisa menyeberang Jembatan Siti Nurbaya, kemudian mengambil jalan ke kiri yang akan membawamu ke gerbang kawasan wisata Gunung Padang.
5. Lubuak Paraku

Ini merupakan kolam alami yang airnya bersih, sangat jernih serta menyegarkan dan didukung dengan alamnya yang apik yang ada di Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Oh iya, airnya berwana kebiru-biruan yang membuatnya jadi daya tarik dari tempat ini. Namun, untuk fasilitas seperti WC umum, sampai terbitnya tulisan ini masih belum tersedia.
6. Pantai Air Manis

Terkenal juga dengan nama Pantai Aia Manih (Bahasa Minang, Aia = Air dan Manih = Manis) menjadi tujuan wisata pantai terfavorit. Karena, lokasi pantai yang ada di 10 kilometer ke arah selatan dari Kota Padang atau tepatnya di Belakang kawasan Gunung Padang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, dipercaya juga sebagai tempat dikutuknya Malin Kundang si anak yang durhaka.

Untuk keindahannya jangan diragukan lagi, karena sangat indah dengan dukungan pasir pantai yang berwarna putih dan akan terlihat merah-kecokelatan ketika terkena sinar matahari.
7. Pantai Pasir Jambak

Beralamat di Jl. Teratai, Pasie Nan Tigo, Koto Tangah, Kota Padang, bisa ditempuh dengan jarak sekitar 26,5 kilometer atau sekitar 45 menit melalui Jl. By Pass / Jl. Lintas Barat Sumatera. Di sekitar pantai ada banyak gazebo atau pondok yang sering digunakan untuk beristirahat dan atau menikmati angin dan suasana pantai yang indah.

Kamu juga bisa bermain pasirnya yang putih bersama keluarga, teman atau kekasih. Dan jangan lewatkan sunset-nya yang indah, ya!

Itulah beberapa tempat wisata keren yang ada di Padang.


Artikel yang berjudul “Tempat Wisata Alam di Padang yang Harus Kamu Coba Kunjungi” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment