Terlalu sering sebar Hoax, Jubir TKN ingatkan Sandiaga - Indeks Media

Sunday, January 27, 2019

Terlalu sering sebar Hoax, Jubir TKN ingatkan Sandiaga

Sandiaga berulangkali menebar janji yang berujung hoax. Contohnya ingin meningkatkan perekonomian Jateng lebih baik, kerja mudah, dan hidup tak lagi susah. Padahal berkaca dari program OKE-OCE, yang terjadi adalah kegagalan sistematik sehingga program tersebut gagal menyejahterakan masyarakat.

Cawapres Sandiaga Uno dipolisikan Gusdurian Karawang terkait pernyataannya mengenai ‘nelayan Najib’. Pernyataan Sandiaga itu dianggap pelapor sebagai hoax. Wakil Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding, mengingatkan Sandi agar bicara dengan data yang akurat.

“Itu kami sesalkan, bahwa di forum debat dan strategis itu, seorang pemimpin menarasikan sesuatu data yang tidak tepat. Mem-framming sesuatu yang tidak tepat, hanya untuk mencari simpati, menurut saya itu nggak boleh, tidak patut dan tidak boleh,” kata Karding saat dihubungi, Jumat (26/1/2019) malam.

Sandi menyampaikan perihal ‘nelayan Najib’ itu di forum debat Pilpres 2019 pertama. Karding pun mengingatkan Sandi untuk memeriksa kebenaran data dahulu sebelum bicara di hadapan masyarakat. Menurutnya, seorang pemimpin harus bersikap kroscek akan data yang diterima dari berbagai sumber.

“Kalau ada data tentang sesuatu, kita mau framming sesuatu kita harus ada datanya jelas, itu benar, atau bukan. Jangan sesuatu yang dikarang-karang, kalau gini kan dikarang, jadi menurut saya nggak boleh itu, rusak itu mental kita kalau gitu, pemimpinnya aja gitu gimana rakyatnya,” ucapnya.

No comments:

Post a Comment