1000 Purnawirawan TNI dan Polri Sepakat Siap Dukung Jokowi-Ma’ruf Amin - Indeks Media

Wednesday, February 13, 2019

1000 Purnawirawan TNI dan Polri Sepakat Siap Dukung Jokowi-Ma’ruf Amin

“Kunci stabilitas keamanan dan pertahanan apabila TNI dan Polri solid.”

Kata-kata itu disampaikan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo di hadapan lebih kurang 1.000 orang purnawirawan TNI-Polri yang berkumpul di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (10/2/2019). Tepuk tangan meriah langsung menggema, memenuhi seluruh Hall C1 JIExpo Kemayoran.

Kehadiran seribu pensiunan yang sebagian sudah berambut putih, namun masih berbadan tegap itu bukan untuk reuni, atau sekadar bersilaturahim dengan calon presiden petahana tersebut. Mereka solid untuk mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin dalam putaran pemilihan presiden yang akan digelar 17 April 2019 mendatang.

Hal itu dinyatakan secara tegas dalam deklarasi yang dipimpin oleh Laksamana TNI (Purn) Arief Koeshariadi.

Soliditas dua institusi pengawal NKRI yang dikatakan Jokowi di akhir pidatonya itu, seolah-olah memiliki makna lain. Istilah soliditas bisa jadi tak cuma ditujukan bagi mereka yang masih aktif di masing-masing lembaga.

Dalam acara tersebut, seluruh purnawirawan baik TNI dan Polri kompak menggunakan kemeja putih lengan pendek. Di dada sebelah kiri, terpampang logo Jokowi-Ma’ruf dan nomor urut calon presiden 01.

“Kami purnawirawan TNI-Polri menyatakan bahwa dalam semangat dan optimisme kerja nyata, kami dengan bulat mendukung Bapak Jokowi dan Bapak Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden, melanjutkan pembangunan sesuai nawacita kedua,” ujar Arief Koeshariadi saat membacakan deklarasi.

Deklarasi tersebut diwakili sejumlah mantan pimpinan tinggi TNI dan Polri. Beberapa di antaranya yakni, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, Letjen TNI (Purn) Suaidi Marasabessy, Jenderal (TNI) Subagyo HS dan Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh.

Selain itu, hadir juga Laksamana Madya TNI (Purn) Freddy Numberi dan Marsekal (TNI) Agus Supriyatna. Sementara, dari Polri diwakili oleh tiga mantan Kepala Polri. Masing-masing yakni Jenderal Pol (Purn) Roesmanhadi, Jenderal Pol (Purn) Da’i Bachtiar dan Jenderal Pol (Purn) Bimantoro.

Laksamana Muda TNI (Purn) Iskandar Sitompul selaku ketua panitia menjelaskan awal mula munculnya gagasan untuk mempersatukan para purnawirawan.

Menurut dia, deklarasi ini terbentuk dari diskusi kecil di antara sesama purnawirawan yang memiliki pandangan yang sama mengenai Jokowi.

“Setelah purnawirawan ini kan kami punya hak untuk memilih. Nah, di sini kami melihat bahwa kepemimpinan Pak Jokowi adalah kepemimpinan yang tauladan, pekerja keras dan contoh-contoh yang sudah dikerjakan selama 4 tahun ini begitu bagus,” kata Iskandar.

Menurut Iskandar, para purnawirawan dari Angkatan Darat, Laut dan Udara, serta Polri sepakat untuk menyatakan dukungan di hadapan publik. Acara itu kemudian diinisiasi oleh Tim Cakra 19, salah satu tim pemenangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan juga menjadi pembicara dalam acara tersebut.

Di awal sambutannya, mantan Komandan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) itu meyakinkan para purnawirawan TNI-Polri bahwa pemerintah saat ini tidak pernah berbohong dalam menyampaikan capaian-capaian selama 4 tahun terakhir.

Menurut Luhut, sejumlah perbaikan di bidang ekonomi telah dicapai oleh pemerintah. Bahkan, dalam berbagai forum ekonomi dunia, Indonesia diprediksi akan menjadi negara dengan ekonomi terbesar keempat. Salah satu kebijakan yang dibuat selama 4 tahun terakhir adalah pemberian dana desa Rp 1,2 miliar per desa. Saat ini, menurut Luhut, 159.000 kilometer jalan di desa sudah dibuat.

“Saya perwakilan teman-teman di pemerintahan ada Pak Wiranto, Pak Moeldoko, kami ikut dalam pengambilan keputusan, kami tahu persis apa yang ada di dalam. Tidak mungkin kami khianati janji atau sumpah saat dilantik jadi perwira,” kata Luhut.

Serupa dengan Luhut, Jokowi pun ikut menyampaikan sejumlah capaian pemerintah, khususnya dalam bidang ekonomi dan infrastruktur.

Jokowi berjanji bahwa dalam periode selanjutnya, pemerintah akan berfokus pada pembangunan sumber daya manusia.

“Saya ingin ucapkan terima kasih yang sebesarnya atas dukungan sore ini pada saya dan Ma’ruf Amin. Ini dukungan yang beri semangat pada kami berdua untuk bekerja lebih baik lagi,” kata Jokowi.

No comments:

Post a Comment