Prabowo Tidak Mau Kembalikan Tanah? - Indeks Media

Thursday, February 28, 2019

Prabowo Tidak Mau Kembalikan Tanah?

Polemik penguasaan lahan di sejumlah wilayah Indonesia masih hangat diperbincangkan. Masalah ini mulanya disinggung calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dalam debat kedua Pilpres 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyinggung kepemilikan lahan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto di Aceh dan Kalimantan, lantaran sempat dikritik mengenai pembagian sertifikat tanah.

Namun, pada saat pidato kebangsaan Konvensi Rakyat di SICC Bogor, Jawa Barat, Jokowi kembali berkomentar perihal keinginan penerima konsesi besar yang mau mengembalikan lahan kepada negara.

Meskipun tidak menyebut nama, puluhan ribu pendukung Jokowi-Ma’ruf yang hadir mengetahui bahwa sosok yang dimaksud adalah capres nomor urut 02 Prabowo.

Berbicara di kompleks kepresidenan, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengemukakan bahwa pemerintah akan menerima dengan tangan terbuka jika ada yang ingin mengembalikan lahan konsesi.

“Intinya kalau ada yang mengembalikan, seneng saja,” kata Sofyan usai rapat terbatas.

Sofyan menjelaskan, lahan hak guna usaha (HGU) bisa saja dikembalikan kepada pemerintah, meskipun izin yang diberikan pemerintah kepada pemilik lahan belum habis.

“Karena kalau kembalikan Anda itu mau kembalikan bahkan hak milik pun kalau misal mau dikasih ke negara kan boleh,” jelasnya.

“Kalau ada yang mau kembalikan, maka pemerintah dengan tangan terbuka dan senang hati akan menerima dan kemudiaan akan dibagikan menjadi reforma agraria,” tegas Sofyan.

Sofyan pun menegaskan, pernyataan yang dilontarkanya sama sekali tidak merujuk pada siapapun. “Tidak menyasar siapa. itu umum saja saya pikir. Statement umum dalam menciptakan ekonomi berkeadlian,” tegasnya.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meyakini capresnya rela mengembalikan lahannya kepada negara. Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin menyebut Presiden Joko Widodo menunggu hal tersebut.

“Kan ente yang bilang mau dikembalikan untuk kepentingan rakyat, sini. Makanya Presiden tantang, sekarang saya tunggu-tunggu kenapa tidak kembali-kembali itu barang?” kata Ngabalin di posko relawan Kotak Hijau, Jalan Brawijaya IX, Jakarta Selatan, Rabu (27/2/2019).

Ngabalin mengatakan seharusnya tak ada yang terganggu oleh komentar Jokowi yang menyinggung pengembalian lahan. Menurutnya, jika lahan sudah diserahkan, sepenuhnya akan diatur pemerintah.

“Nanti soal pengurusannya, pemerintah yang punya urusan, kecuali pemerintah yang mau ambil. Kan ente yang mau serahkan,” ujarnya.

Sebelumnya, anggota Dewan Pengarah BPN Fadli Zon meyakini sang capres siap mengembalikan lahan. Namun tindakan itu harus direspons secara adil.

“Saya lihat Pak Jokowi mau menunggu atau melakukan pengembalian HGU dan konsesi-konsesi lahan itu bagus. Tapi dilakukan secara adil kepada semua pihak. Saya yakin kalau Pak Prabowo sih siap,” ujar Fadli, Selasa (26/2).

No comments:

Post a Comment