Perlu perhatian penuh bagi peternak, khusus di kabupaten kepulauan mentawai - Indeks Media

Tuesday, May 28, 2019

Perlu perhatian penuh bagi peternak, khusus di kabupaten kepulauan mentawai

Padang TIME.com-Mengingat bahwa kabupaten kepulauan mentawai termasuk daerah tertinggal, masyarakat harus berusaha dengan menciptakan lapangan kerja sendiri.
Disamping itu sangat diperlukan solusi alternative yang kreatif guna membangun ekonomi masyarakat yang lebih baik.

Salah satunya adalah melalui potensi ternak ayam yang dikelola oleh kelompok -kelompok peternak unggas, sekaligus meningkatkan ketersediaan bahan kebutuhan masyarakat mentawai.

Dikatakan kabid kesehatan hewan (nakeswan) DKPP mentawai zukirman. Bahwa untuk mengeluarkan kabupaten kepulauan mentawai dari daerah tertinggal di perlukan dukungan dari pemerintah yang lebih tinggi yang salah satunya dengan mengoptimalkan penanganan masyarakat pulau terluar dan penggalangan daerah di perbatasan di kabupaten kepulauan mentawai.

Prov sumbar.melalui kegiatan penyuluhan sektor alternatif kelompok peternak unggas dan meningkatkan ketersediaan bahan kebutuhan masyarakat mentawai dengan melakukan penjualan terhadap produk ternak.

“Selama ini masyarakat mentawai sangat bergantung pada pada kondisi alam. terutama hasil tangkapan laut untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun untuk komoditi pasar yang lain masi perlu di suplai dari kota padang, sehingga cenderung membuat harga harga kebutuhan pokok di mentawai relatif lebih tinggi, jelas zakirman.

Lebih lanjut zakirman juga menambahkan salah satu solusi pada dasarnya di mentawai telah ada pokok masyarakat yang melakukan ternak unggas, sehingga hal tersebut perlu di obtimalkan. Sehingga dapat meningkatkan produktivitas ayam potong di mentawai sehingga juga dapat menurunkan harga ayam potong di mentawai.

Potensi tersebut dapat di lihat dari gerakan masyarakat peduli pancasila (GMPP) dengan memberikan stimulan pada peternak ayam agar dapat meningkatkan hasil dari ptoduktivitas ayam di mentawai. Sekaligus memberikan sosialisasi kepada para kelompok ternak untuk cermat dan kreatif untuk mengembangkan potensi ternak ayam tepatnya di lokasi KM 3 tuapejat pada senin (27/5)

Salah satu penggerak GMPP, Noval, mengatakan bahwa, dengan meningkatkan perekonomian ekonomi alternatif, kreatif dalah satu potensi ternak ayam dengan adanya peranan dari pemerintah, di harapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, sekaligus meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat dan menghilangkan sikap apatisme,tutupnya ( i )


Artikel yang berjudul “Perlu perhatian penuh bagi peternak, khusus di kabupaten kepulauan mentawai” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment