Anak Pedagang Ikan, Lulusan SMA Kartika 1-5 Padang, Lulus Di Fakultas Kedokteran Unand - Indeks Media

Friday, July 12, 2019

Anak Pedagang Ikan, Lulusan SMA Kartika 1-5 Padang, Lulus Di Fakultas Kedokteran Unand

Padang TIME.com-SMA Kartika 1-5 yang bernaung dibawah Yayasan Kartika Jaya merupakan Koordinator Rem 032 Cabang I Bukit Barisan, kembali menorehkan prestasi. Salah satunya adalah Muhammad Aditya Fajri, yang merupakan anak seorang pedagang ikan berhasil lulus masuk Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang (Unand).

Bagi Muhammad Aditya Fajri, bisa diterima berkuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) ibarat sebuah mimpi yang menjadi kenyataan. Betapa tidak, untuk kuliah di tempat tersebut ia harus bersaing dengan ratusan siswa dari seluruh Sumatera Barat maupun daerah lainnya.

Biaya pendidikan yang tidak murah serta seleksi yang ketat, membuat banyak orang pesimistis mendaftar ke program studi yang banyak diminati calon mahasiswa ini.
Hal ini pula yang sempat dirasakan oleh Muhammad Aditya Fajri. Meskipun sempat ragu dan tidak yakin tapi ia sangat bahagia dan bangga saat mengetahui dirinya diterima di FK Unand, namun di lain sisi, Aditya dan orang tuanya khawatir akan biaya.

Dia adalah satu dari calon mahasiswa program studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang diterima melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

Remaja kelahiran Padang, 5 Oktober 2001 tersebut tinggal bersama kedua orang tuanya di Jalan Parak Karaka Nomor 19, RT.03, RW.10 Kelurahan Kubu Dalam Parak Karaka, Kecamatan Padang Timur.

Muhammad Aditya Fajri merupakan anak sulung dari 3 bersaudara dari pasangan Rudi Jaya (51) dan Deni Dafani (45). Meski sang ayah hanya seorang pedagang ikan di pasar dan ibunya yang hanya seorang buruh di sebuah pabrik mie namun semangat dan motivasi orangtuanya sangat besar dalam mendukung pendidikan anak-anaknya.

Terlahir dari keluarga sederhana menjadikan Aditya terbiasa untuk hidup prihatin. Meskipun begitu tidak menyurutkan semangatnya dalam belajar. Hal itu justru dijadikannya sebagai cambuk untuk lebih berprestasi di sekolah. Diantara prestasinya adalah Ranking 3 Semester I dan Ranking 5 Semester 2 di Kelas 10, Ranking 1 Semester I dan Semester 2 di Kelas 11, Ranking 3 Semester I di Kelas 12.

Ia mengaku perjuangannya untuk berkuliah di Universitas Andalas (Unand) adalah untuk membanggakan kedua orang tuanya. Sang ayah yang hanya bekerja sebagai pedagang ikan di pasar yang berpenghasilan tak tentu dan sang ibu yang bekerja sebagai buruh di pabrik mie ini terus mendukung cita – citanya.

“ Orang tua kemarin menangis bahagia mendengar saya lolos di Unand. Mereka bangga saya bisa mengharumkan nama keluarga dan juga sekolah ,” katanya.

Aditya merupakan inspirasi bagi siswa lainnya di SMA Kartika 1-5 Padang, meski ia merupakan siswa dari keluarga yang sederhana sebagai anak penjual ikan di pasar, namun ia mampu menunjukkan kalau itu bukan penghalang untuk meraih prestasi yang baik. Hasilnya pun tidak sia-sia, kerja keras dan semangatnya membuahkan hasil yang memuaskan

Siapapun berhak menempuh pendidikan setinggi mungkin. Pria atau wanita, dari background keluarga seperti apa, semua bisa dan punya kesempatan belajar di perguruan tinggi asal memenuhi standar akademik. Bahkan orang dengan kemampuan ekonomi terbatas tetaplah bisa belajar di perguruan tinggi. Muhammad Aditya Fajri salah satunya.


Artikel yang berjudul “Anak Pedagang Ikan, Lulusan SMA Kartika 1-5 Padang, Lulus Di Fakultas Kedokteran Unand” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment