Curahan “Kasih Sayang” Sang Komandan ke Janda Tua Papa - Indeks Media

Wednesday, July 17, 2019

Curahan “Kasih Sayang” Sang Komandan ke Janda Tua Papa

Padang TIME.com-DEMAK – Mungkin orang yang paling beruntung di Desa Kalikondang, Kecamatan Demak Kota hanyalah Mbah Yatin (85). Betapa tidak, bak seorang anak yang ingin membahagiakan orang tuanya, Dandim 0716/Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto memberi “kasih sayang” kepada janda tua yang puluhan tahun tinggal sendirian di sebuah “gubug” yang jauh dari layak huni itu.

Sekedar diketahui, rumah Mbah Yatin yang ada di Dukuh Barus itu saat ini tengah direhab TNI Satgas TMMD reguler ke-105 Kodim Demak. Cukup beralasan memang, jika rumah nenek yang mempunyai empat anak itu ikut direhab TNI, pasalnya kondisinya sangat memprihatinkan.

Rangka rumah tampak lapuk dimakan usia, sementara genteng banyak yang bocor, lantai masih terbuat dari tanah. Bahkan konon, jika musim penghujan rumah Mbah Yatin kebanjiran, akibat meluapnya saluran air di dekat rumahnya dan diperparah banyaknya genteng yang bocor.

Di proses perehabpannya, Dandim Abi Kusnianto, memberi “perhatian lebih”, disaat turun ke lapangan untuk cek hasil TMMD, Komandan selalu meluangkan waktu untuk melongok proses perehaban rumah Mbah Yatin. ”Sekarang sudah bukan jaman, pimpinan hanya memerintah dan memantau saja di belakang meja, tapi saya juga harus turun langsung kelapangan agar saya tahu kendala-kendala apa saja yang dialami prajurit dan warga disaat melaksanakan pengerjaan sasaran fisik TMMD ini,” tegas Letkol Inf Abi Kusnianto.

Perhatian lebih tersebut dimaksudkan, ketika dicurhati Mbah Yatin yang saat ini sudah mempunyai cucu 14 itu, tentang kesukaan makan daging empal dan sudah cukup lama tidak merasakan daging sapi itu, Dandim Abi serta merta menjanjikan akan memenuhi keinginan Mbah Yatin makan nasi rendang. ”InsyaAllah nanti kalau pas di Semarang saya belikan rendang ya, Nek,” papar Dandim

Hanya selang satu hari, ada pemandangan yang cukup mengetuk hati. Dandim Abi yang Dansatgas TMMD Kalikondang itu, turun dari mobil berjalan di lorong sempit menuju ke RUmah Mbah Yatin sambil menenteng beberapa kantong plastik kresek. Belakangan diketahui, Dandim tengah membawa makanan kesukaan Mbah Yatin, nasi dengan lauk daging empal

Dengan langkah membungkuk dan tertatih-tatih, Mbah Yatin pun menyambut dengan girang kedatangan orang nomor satu di jajaran TNI Demak tersebut. Sambil menerima bungkusan kantong plastik, Mbah Yatin tak kuasa membendung air matanya.

“Matur nuwun yo Nak, kowe nepati janjimu wingiare nukoke aku sego empal. Mugo-mugo Gusti Allah maringi berkah Nak (Terimakasih ya Nak, kamu menepati janjimu kemarin membelikan nasi rendang. Semoga Allah memberikan berkah padamu Nak)” ucap Mbah Yatin lirih.

Keinginan Nenek yang sudah mempunyai buyut 10 itu, makan nasi dengan lauk empal daging sapi, akhirnya dipenuhi oleh orang yang baru dikenalnya, yakni Dandim 0716/Demak.

Acara makan bersama di sekitar rumahnya yang sebenarnya terbilang “tidak sehat” itu lantas digelar. Setelah doa bersama, Dandim Abi makan bersama dengan Mbah Yatin dan sejumlah cucunya, berikut sejumlah anggota Satgas TMMD yang tengah merehab rumah Mbah Yatin. (Pendim 0716/Demak)


Artikel yang berjudul “Curahan “Kasih Sayang” Sang Komandan ke Janda Tua Papa” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment