Tim Wasev Sterad Asik bermain Ular Naga bersama murid SDN 1 Kalikondang. - Indeks Media

Wednesday, July 24, 2019

Tim Wasev Sterad Asik bermain Ular Naga bersama murid SDN 1 Kalikondang.

Indeksmedia.com – DEMAK – Dalam rangka Kunjungan Kerja peninjauan pelaksanaan TMMD Reg ke 105 Kodim 0716/Demak di Desa Kalikondang, Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) dari Sterad menyempatkan diri bermain Ular Naga dengan Murid-murid SDN 1 Kalikondang Kecamatan Demak Kabupaten Demak, Selasa (23/7).

Permainan Ular Naga adalah suatu permainan berkelompok yang dimainkan anak-anak diluar rumah dan ditanah lapang atau halaman rumah yang agak luas, daya tarik permainan ini yaitu dalam dialog yang mereka lakukan. Barisan akan bergerak melingkar kian kemari, sebagia Ular Naga yang berjalan-jalan dan terutama mengitari “Gerbang” yang berdiri ditengah-tengah halaman sambil menyanyikan lagu, pada saat-saat tertentu sesuai dengan lagu, Ular Naga akan berjalan melewati gerbang, pada saat terakhir ketika lagu habis, seorang anak yang berjalan paling belakang akan ‘ditangkap’ oleh “gerbang”.

Tak hanya Tim Wasev dari Sterad, Dansatgas TMMD Reg ke 105 Kodim 0716/Demak dan seluruh Danramil serta Perwira Staf Kodim 0716/Demak pun ikut meramaikan permainan tradisional tersebut.
“Permainan tradisional saat ini mulai ditinggalkan anak-anak, tren dan tekhnologi membawa mereka untuk cenderung lebih suka bermain game, hal ini terjadi karena anak-anak berada pada zaman yang penuh dengan tekhnologi.” Jelas Letkol inf Abi Kusnianto.

Dansatgas TMMD Reg ke 105 Kodim 0716/Demak juga mengatakan, permainan tradisional sangat penting untuk perkembangan dan pendidikan anak, mainan dapat menuntun anak-anak ke penemuan-penemuan baru, membantu membuka potensi mereka dan gairah mereka dengan mendorong pembelajaran, kasih sayang dan kreativitas, tandasnya.(Pendim 0716/Demak).


Artikel yang berjudul “Tim Wasev Sterad Asik bermain Ular Naga bersama murid SDN 1 Kalikondang.” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment