TNI Yang “Lihai” Pengobatan Herbal Tularkan Ilmu Kepada Warga - Indeks Media

Thursday, July 25, 2019

TNI Yang “Lihai” Pengobatan Herbal Tularkan Ilmu Kepada Warga

DEMAK – Bertugas di lokasi TMMD ternyata tidak melulu identik dengan bekerja fisik, melainkan banyak hal positif yang bisa dilakukan dan ditularkan kepada warga desa sasaran.

Seperti yang dilakukan oleh Koptu Arifin, Satgas TMMD dari Yonif 410/Alugoro ini, Berbekal pengalaman pengobatan herbal yang dipelajarinya, saat bertugas di desa sasaran TMMD Reguler ke-105 Kodim 0716/Demak, dia menularkan ilmunya kepada warga desa sasaran, yakni warga Desa kalikondang, Kecamatan Demak Kota.

Saat melihat ada salah seorang warga Desa Kalikondang, Arli (57), tengah dikerik, Koptu Arifin langsung menghampirinya, dan memberi pengertian, bahwa semestinya setiap masuk angin jangan selalu dikerik. Karena kerikan bukanlah cara yang efektif untuk meningkatkan panas tubuh. ”Sebaiknya diatasi dengan dengan cara lain, seperti meminum air hangat atau ramuan herbal seperti air jahe,” paparnya.

Sekedar diketahui, biasanya awam dalam upaya menyembuhkan gejala masuk angin,seperti mual, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, sering melakukan kerikan. Hanya saja, kerikan yang untuk meringankan masuk angin akibat udara dingin sehingga menyempitkan pembuluh darah dan membatasi asupan oksigen di kulit, jika terlalu sering dilakukan juga menimbulkan efek negatif lain. (Pendim 0716/Demak)


Artikel yang berjudul “TNI Yang “Lihai” Pengobatan Herbal Tularkan Ilmu Kepada Warga” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment