Apakah Kondisi Finansial Anda Belum Stabil ? Nah ini Tanda-tandanya - Indeks Media

Wednesday, August 21, 2019

Apakah Kondisi Finansial Anda Belum Stabil ? Nah ini Tanda-tandanya

Indeksmedia.com – JAKARTA – Menghasilkan banyak uang, tak lantas membuat Anda kaya. Jadi, meskipun memiliki gaji yang besar, belum tentu kondisi keuangan Anda stabil. Pada akhirnya, berapapun gaji yang Anda dapatkan, Anda tetap harus menabung, berinvestasi dan mengelola utang.

Dikutip dari businessinsider, berikut 7 pertanda yang menunjukkan kondisi keuangan yang sebenarnya belum stabil.

Mengeluh saat membayar tagihan tiap bulan

Jika Anda terus mengeluh ketika tagihan bulanan datang, maka ini artinya Anda belum sepenuhnya merdeka finansial. Pertimbangkan untuk mengubah gaya hidup dengan menghemat biaya tagihan mulai dari sewa tempat tinggal, transportasi, makan, listrik, air dan komunikasi.

Belum punya dana pensiun

Dana pensiun tidak akan menunggu, meskipun Anda masih akan lama menjalani masanya. Banyak pakar keuangan merekomendasikan menyisihkan 10 persen dari pendapatan untuk dana pensiun agar di masa tua nanti, Anda hanya tinggal menikmati hasilnya.

Belum mulai berinvestasi

Berinvestasi adalah salah satu cara efektif untuk membangun kekayaan. Semakin cepat Anda memulai, makan semakin besar aset yang Anda punya. Jangan tunggu mendapatkan bonus atau THR untuk berinvestasi, karena hakikat dari investasi sebenarnya hampir sama dengan menabung.

Tidak punya dana darurat

Memiliki dana darurat adalah langkah penting yang harus Anda lakukan, ketika sudah memiliki penghasilan sendiri. Pastikan Anda meletakkan dana darurat Anda tidak dalam bentuk deposito berjangka atau investasi, karena pada dasarnya dana darurat memang diperuntukkan dalam keadaan genting.

Menghabiskan lebih dari 30 persen untuk tempat tinggal

Pertimbangkan untuk tinggal di rumah atau kontrakan yang lebih kecil atau pinggir kota, jika selama ini pengeluaran untuk tempat tinggal Anda mencapai 30 persen lebih dari total penghasilan.

Ada banyak biaya tambahan yang akan Anda bayar jika pengeluaran untuk tempat tinggal Anda saja sudah melebihi budget.

Tidak mencatat pengeluaran

Mencatat biaya pengeluaran akan membuat Anda semakin selektif mengonsumsi barang dan jasa. Ada banyak opsi untuk mencatat pengeluaran di zaman sekarang mulai dari note, laptop hingga aplikasi termuktahir.

Tidak bisa membayar lebih dari tagihan minimum kartu kredit

Jika Anda tidak bisa membayar lebih besar dari tagihan minimum kartu kredit, ini adalah pertanda besar kalau sebenarnya Anda sudah terbebani utang. Anda akan lebih merasa kesulitan lagi untuk menabung jika utang menumpuk dan semakin lama ditahan untuk dilunasi


Artikel yang berjudul “Apakah Kondisi Finansial Anda Belum Stabil ? Nah ini Tanda-tandanya” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment