Syol Indra, Pemuda Pesisir Selatan Sukses Wakili Sumbar di Singapore - Indeks Media

Monday, August 26, 2019

Syol Indra, Pemuda Pesisir Selatan Sukses Wakili Sumbar di Singapore

Indeksmedia.com – Indonesia Youth Leaders Exchange Programme 2019 Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatra Barat kembali mengutus pemuda daerah untuk mengikuti program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) pada tahun 2019 ini. PPAN merupakan program unggulan kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam memperkokoh hubungan bilateral negara dan meningkatkan potensi anak muda.

Salah satu program yang telah dilaksanakan baru-baru ini adalah Singapore-Indonesia Youth Leaders Exchange Programme (SIYLEP), pertukaran pemuda ke Singapura dari tanggal 28 Juli sampai 06 Agustus 2019. Melalui serangkaian seleksi pada April lalu, Dispora Sumbar telah memilih Syol Indra Syafril, Pemuda asal Batang Kapas, Pesisir Selatan sebagai perwakilan provinsi. Kini Syol telah kembali ke tanah air dan sukses membawa nama baik Sumatra Barat selama berada di Singapura.

Syol mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh instansi dan pihak yang telah mendukungnya baik dari provinsi maupun dari nasional. Ia mengaku banyak pelajaran yang ia dapatkan selama berada di Singapura, khususnya terkait tema SIYLEP tahun ini yaitu peran anak muda dalam isu lingkungan dan sustainable living atau kehidupan yang berkelanjutan.

Menurut pemuda bergelar sarjana komunikasi ini, isu kerusakan lingkungan dan penerapan sustainable living sangat penting untuk diketahui oleh semua orang agar setiap individu dapat berkontribusi untuk bumi yang lebih sehat dengan cara mengurangi penggunaan barang sekali pakai, apalagi barang berbahan plastik diperlukan ratusan bahkan ribuan tahun untuk dapat terurai.

“Selama di Singapura saya melihat masyarakatnya tidak hanya disiplin namun juga peduli dengan lingkungan, kita dapat mencontoh hal-hal baik seperti membawa botol minum dan tempat makan sendiri ketika berpergian, bawa tas kain ketika belanja, jangan lagi menggunakan sedotan plastik untuk minum, dan kurangi penggunaan kendaraan bermotor” ungkap Syol.

Selain pengetahuan tentang pentingnya kesadaran akan sustainable living, kegiatan selama di Singapura meliputi pelatihan kepribadian dan kepemimpinan yang langsung dipandu oleh trainer Danny Toh dan Kuik Shio Yin, perwakilan dari National Youth Council Singapura. Di akhir program, Syol bersama dengan 18 pemuda lainnya dari masing-masing provinsi di Indonesia juga menampilkan lagu tradisional dan tari Indang di depan Menteri Kebudayaan, Komunitas dan Pemuda Singapura.

Tentunya pengalaman seperti ini sangat berharga untuk dapat dirasakan bagi seluruh anak muda agar dapat mengembangkan potensi dirinya lebih jauh. Sejalan dengan yang disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Adib Alfikri yang dilansir di laman www.sumbarprov.go.id “PPAN ini merupakan ajang untuk menggali dan mengembangkan potensi pemuda daerah sekaligus potensi pemuda nasional melalui kerjasama internasional”

“saya bersedia jika ada komunitas maupun instansi yang ingin berkolaborasi, sebagai sarana bagi saya untuk berbagi ilmu yang didapat selama di Singapura, selain itu saya ju


Artikel yang berjudul “Syol Indra, Pemuda Pesisir Selatan Sukses Wakili Sumbar di Singapore” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment